Blog dengan berbagai macam konten yang menarik, unik, bermanfaat dan penuh inspirasi.

Blog dengan berbagai macam konten yang menarik, unik, bermanfaat dan penuh inspirasi.

Konten Indonesia

Jumat, 15 Desember 2017

Peluang Menjadi Pebisnis Bagi Pemula




Pebisnis atau sering juga di sebut sebagai Bisinisman adalah seseorang yang terlibat dalam usaha-usaha yang bertujuan untuk menghasilkan sebuah laba dan keuntungan. Umumnya dalam mengelola sebuah perusahaan, entah itu perusahaan besar maupun kecil mereka layak mendapat sebutan sebagai Pebisnis atau Bisnisman. Di Negara kita sendiri sudah banyak para Pebisnis yang bisnis atau usahanya sudah mencapai puncak Olympus atau sukses. Tak jarang dari mereka juga yang masih muda-muda bahkan teramat muda.

Nah, pertanyaan!

Adakah peluang bagi pemula untuk menjadi Pebisnis yang sukses?
Jawabannya tentu saja, YA.
Lalu, bagaimana jalan dan awal yang tepat untuk menjadi seorang Pebisnis?
Mari kita bahas.

Dalam dunia bisnis ada banyak istilah-istilah dan prinsip yang harus Anda ketahui sebelum terjun di bidang ini (Saya tidak akan membahasnya disini, mungkin di tulisan saya yang lainnya. Disini saya hanya akan membahas Prinsip-prinsip dasarnya saja). Tetapi prisip-prisnip itu kebanyakan berlaku hanya untuk para Pebisnis dengan modal yang besar atau mereka yang sudah berpengalaman dan professional. Karena bagi seorang pemula, prinsip dan istilah-istilah itu hanya akan membuat mereka merasa belum mampu dan tidak pantas untuk menjadi seorang Pebisnis. Tentu saja Anda tidak mau antusias dan obsesi Anda menjadi ciut hanya gara-gara istilah dan prinsip seorang Pebisnis yang sedikit membingungkan. Mungkin memang bagus untuk pengetahuan Anda, tetepi hal itu sebenarnya akan Anda ketahui sendiri seiring berjalannya waktu ketika Anda menjalankan suatu bisnis. Namun disini saya akan memberikan rahasia paling dasar sebagai awal yang tepat untuk menjalankan suatu bisnis.

Ada tigal hal prinsip utama menurut pengetahuan minim saya, yang harus Anda ketahui sebagai Pebisnis pemula, yaitu: Gambaran Besar, Target Marketing, dan Positioning. Kita mulai dari yang pertama!

1.   Gambaran Besar

Gimana maksudnya gambaran besar?
Ini adalah penglihatan bisnis Anda di  masa depan nanti. Dengan kata lain Anda harus bisa membayangkan (Visualisasi) keseluruhan bisnis Anda akan menjadi apa dan gimana di masa depan nanti. Anda harus membayangkan sejelas-jelasnya bisnis Anda secara keseluruhan dan dengan rinci.  Apakah bisnis yang Anda inginkan itu di bidang waralaba, jasa atau yang lainnya.

Dari situ Anda akan melihat gambaran besar perusahaan Anda nanti apakah berjalan baik? Apakah sejalan dengan keinginan Anda? Dan apakah bisnis yang Anda kelola itu cocok di lingkungan Anda atau di manapun Anda inginkan?

Hal ini berlaku juga sebagai persiapan Anda sebelum memulai bisnis. Buatlah suatu catatan untuk memperjelas gambaran besar bisnis Anda ini. Dengan begitu Anda akan terarah dan memberi Anda petunjuk sebagai gambaran-gambaran kecilnya yang harus Anda selesaikan terlebih dahulu.

“Kejelasan adalah kekuatan – Brian Tracy”

2.   Target Marketing

Pasti Anda sudah tahu dan tidak asing lagi dengan istilah ini. Ya, target marketing adalah sasaran konsumen atau customer dari bisnis yang Anda kelola nanti. Atau di tujukan untuk siapa bisnis Anda itu. Apa untuk balita, anak-anak, remaja, dewasa atau campuran. Hal itu juga harus di sesuaikan berdasarkan tempat dan wilayah Anda berbisnis (Positioning).
Anda harus mempunyai target marketing Anda sendiri dengan jelas (Gambaran besar / Visualisasi) agar perjalanan bisnis Anda sejalan dan terarah.

Misalnya target marketing Anda adalah seorang anak-anak remaja. Karena kebanyakan yang berada di lingkungan tempat Anda berbisnis adalah anak-anak remaja. Lalu Anda membuka bisnis Diskotik, apakah itu cocok untuk anak-anak remaja yang terbatas keuangannya? Apakah itu cocok untuk pergaulan mereka?

Mungkin bisa saja Anda membuka Diskotik yang lingkungannya di kelilingi anak-anak remaja, dengan target marketing Anda adalah orang lain atau tamu di tempat tersebut. Namun itu akan mempengaruhi faktor ramai dan tidaknya bisnis Diskotik Anda.

Target marketing berguna juga sebagai fokus Anda untuk target atau tujuan sasaran bisnis Anda. Sehingga yang Anda tarik kebanyakan adalah customer atau konsumen-konsumen yang sudah Anda targetkan.

3.   Positioning

Yang terakhir adalah positiong. Apa itu positioning?

Ini adalah penyesuaian Anda dalam penempatan bisnis Anda. Positioning tidak jauh berbeda dengan target marketing, namun positioning lebih ke tempat atau posisi yang Anda targetkan. Dan semua itu harus sesuai juga dengan target marketing Anda seperti contoh di atas tadi.
Positioning dan target marketing ini saling menunjang satu sama lain dan harus benar-benar di perhatikan. Ketika Anda sudah tepat menempatkan bisnis Anda namun target marketingnya salah, sama aja Anda dengan membeli sayuran ke toko Mebel.

Positioning ini sebenarnya ada dua jenis; Positioning offline dan online.
Contoh positioning offline adalah seperti posisi dan penempatan bisnis Anda di dunia nyata. Di Pasar, di Pantai dll. Sedangkan positioning online adalah, ketika Anda berbisnis online atau mempromosikan dan mengenalkan bisnis Anda di web, blog atau media sosial. Entah yang Anda tawarkan itu barang, jasa atau yang lainnya.

Misalnya Anda menjual barang elektronik  tetapi Anda mempromosikannya di blog kesehatan, bukankah itu tidak nyambung dan tidak cocok rasanya. Atau ketika Anda menawarkan produk Anda sendiri di sebauah group kepenulisan yang ada di facebook, itu sungguh arah yang salah. Malah bias-bisa Anda di baned lagi oleh admin group tersebut.
Jadi Anda harus pintar-pintar menyesuaikan dan memilih positioning. Kalau perlu lakukanlah survey dan wawancara kepada orang-orang di sekitar tempat tujuan positioning bisnis Anda.

Nah, itulah prinsip dan rahasia dasar untuk menjadi Pebisnis pemula. Ketiga prinsip di atas saling menunjang dan mendukung, oleh karena itu ketiga prinsip di atas tadi harus benar-benar tersetruktrur terlebih dahulu sebelum Anda memulai bisnis Anda nanti.

Simple bukan? Kembali lagi pada Anda, semua tergantung niat dan kerja keras Anda.dan tentunya seberapa besar keyakinan Anda untuk menjadi Pebisnis sukses. Bukan karena Anda telah membaca ini Anda bisa langsung menjadi Pebisnis yang besar. Tentu saja tidak, semua harus dan pasti ada prosesnya.

Lalu, bisnis apa yang baik untuk seorang pemula?
Saya akan bahas hal ini di tulisan saya yang berikutnya.

Terakhir, saran dari saya. Untuk kalian yang ingin berbisnis tapi masih bingung bisnis apa yang harus kalian jalani. Mulailah berbisnis dengan apa yang Anda sukai.

Penulis By: Esa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar