Blog dengan berbagai macam konten yang menarik, unik, bermanfaat dan penuh inspirasi.

Blog dengan berbagai macam konten yang menarik, unik, bermanfaat dan penuh inspirasi.

Konten Indonesia

Selasa, 19 Desember 2017

Facebook dan Jualan




Di era teknologi yang canggih ini, kita kerap di permudah dalam masalah apapun di keseharian kita. Apa lagi menyangkut bisnis dan ekonomi. Tidak hanya teknologinya yang canggih, tapi ternyata para penggunanya juga yang pintar-pintar dalam memanfaatkan berbagai macam teknologi untuk kepentingan berlangsungnya hidup mereka. Dan di tunjang dengan adanya internet puluhan tahun yang lalu. Salahsatunya adalah dengan berjualan. Ya, berjualan di media sosial. Pasti kalian sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Facebook, bukan? Sekarang facebook bukan hanya media untuk saling menghubungkan kita dengan semua orang di seluruh dunia, tetapi juga menjadi sarana untuk mempromosikan dan mengenalkan usaha dan bisnis yang sedang mereka jalani.

Berjualan di media sosial sering juga di sebut “Online Marketing”. Memang sebelumnya juga sudah ada situs-situs yang menyediakan shop online. Diamana kita bisa membeli barang yang kita inginkan hanya dengan menyentuh layar smartphone kita, tanpa harus beranjak dari tempat duduk kita. Namun untuk menjual dan mempromosikan barang kita di situs online shop, rata-rata kita harus bayar layaknya memasang iklan di sebuah situs, meskipun tidak terlalu mahal. Atau dengan memotong persenan alias memberikan komisi kepada situs online shop tersebut.


Tetepi di facebook, kita bisa menawar-nawarkan barang jualan kita dengan bebas tanpa bayar dan tanpa potongan apapun. Bisa melalui linimasa atau kronologi kita, bisa juga di group-group facebook yang berhubungan dengan jual-beli barang. Bahkan sekarang sudah banyak fanspage atau halaman perusahaan-perusahaan besar di facebook. Dari situlah banyak istialh COD atau Cash On Delivery, yang berarti membayar barang pesanan setelah barang di kirim. Istilah ini sebenarnya sudah tidak asing lagi di bidang online marketing di situs-situs yang menyediakan shop online. Namun di Indonesia sendiri COD lebih di kenal dan ngetrend setelah mereka guanakan di facebook. Padahal tak jarang juga dari mereka yang tidak mengerti arti dan kepanjangan dari COD. Mereka hanya tahu, bahwa COD itu adalah kegiatan jual-beli sampai terjadinya transaksi. Dan akhirnya media-media sosial telah memberi keuntungan lebih bagi para penggunanya. Selain bertinteraksi dengan semua orang juga bertransaksi dengan orang-orang yang membeli barang yang mereka jual secara online.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar